Sabtu, 05 November 2011

Pesantren A Baeli Putra, Tawang Indihiang Tasikmalaya

0 komentar


Nama pesantren ini agak unik: “ABaeli Putra”. A Baeli adalah ayah dari Kyai A. Ridwanullah, BA, pendidipesantren yang samapai sekarang masih menjadi pengasuhnya. Kyai RidwanullahSarjana Muda Institute Islam Siliwangi (INISI) Bandung, yang dulu bernamaAkademi Pendidikan Rohani Islam Bandung (AKPRIBA). Ia juga pernah kuliah diPTDI Bandung dan belajar di beberapa pesantren, antara lain di Cintawa, diCiamis, dan di Garut.
Pesantren A. Baeli Putra terletakdi tepi Gunung Galunggung. Tepatnya di jalan Cintamulya, Cipanas, Galunggung,Desa Tawang Banteng, Kecamatan Indihiang, 15 Km dari Tasikmalaya, Jawa Barat.Lokasi pesantren berdekatan dengan tempat rekreasi Cipanas Galunggung, sehinggasarana perhubungan ke pesantren cukup baik dan mudah.
Didirikan 26 Juni 1967, bersamaandengan pembangunna sebuah masjid jami’ yang selesai tahun 1968. Masjid ukuran60 m2 ini dibangun atas swadaya masyarakat dan merupakan cukal bakal pesantren.Dengan bantuan masyarakat dan pemerintah daerah Tasikmalaya tahun 1969 dibangunsebuah asrama santri putra, ukuran 7x14 m. Januari 1971, madrasah Ibtidaiyahdidirikan meskipun belum memiliki gedung khusus. Sesudah itu November 1972,asrama guru dibangun, dan menyusul asrama putri, tahun 1974. Baru pada tahun1976 gedung permanen untu madrasah ibtidaiyah dibangun. Secara keseluruhan,kini pesantren memiliki 3.5 ha tanah. Di atasnya berdiri 14 lokal belajar, 12kamar pondok putra, 6 kamar asrama putri, asrama guru, sebuah masjid, sebuahlapangan badminton dan sebuah lapangan volley.
Santrinya tahun 1984 berjumlah303 orang, 125 putra dan 178 putri, 42 diantaranya santri mukim. Sedangkanmadrasah ibtidaiyah muridnya 197 orang.
Para santri mengaji kitab sesudahsubuh, sore dan malam hari. Kitab yang dipelajari anatara lain Safinah,Qutrul Goets, Sanusi, Imriti, Alfiyah, Sullam Munajat, Sahih Bukhari, TafsirJalalain dan sebagainya. Para santri juga belajar ilmu tajwid. Bagi tamatanpesantren tidak disediakan ijazah, tetapi kepada lulusan ibtidaiyah diberikan.
Banyak kegiatan dan latihanketrampilan yang diselenggarakan pesantren secara rutin, seperti PKK, UPGJ,Pramuka, latihan pertanian, perikanan dan peternakan.
Pemimpin pesantren jugamengadakan pengajian khusus bagi masyarakat sekitar. Pengajian yangdiselenggarakan setiap minggu dihadiri kurang lebih 500 orang dari tiga desasekitar. Sedang pegajian bulanan diikuti kurang lebih seribu orang dari 5 desasekitar.

Contact Pesantren
Alamat: Jalan Cintamulya, CipanasGalunggung, Tasikmalaya

Leave a Reply

Label